Minggu, 04 Juli 2010

STRATEGI PEMASARAN PT.GARUDA INDONESIA

Pengertian Manajemen Strategik
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".
Manajemen Pemasaran Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memiliki beberapa program untuk mendukung penjualan dan pemasarannya. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu:
- Program Promosi
Mereka mempunyai program promosi untuk menghasilkan keuntungan serta menghasilkan pendapatan tambahan dengan jaringan domestik yang kuat untuk terus meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan.
- Layanan Konsumen
Sistem pelayanan Garuda Indonesia pada pelanggan yaitu memberikan kepuasan kepada pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaan secara profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi.

PEMASARAN GARUDA INDONESIA Pada Pasar Domestik :

(Studi Kasus : Rute Jakarta-Denpasar)

Rute penerbangan Jakarta - Denpasar mcrupakan rute penerbangan yang memberikan kontribusi revenue dan mempunyai pangsa pasar yang bcsar pada pasar domestik. Namun, mulai tahun 1991 - 1994, pangsa pasar Garuda pada rute ini semakin menurun, dimana pertumbuhan pasarnya lebih rendah dari pada pertumbuhan pasar keseluruhan. Padahal, pesaing potensial Garuda, yaitu, perusahaan "SG" dapat meraih pangsa pasar yang semakin meningkat dari tahun 1991 sampai dcngan tahun 1994. Hal ini disebabkan karena strategi yang diterapkan oleh "SG" relatif lebih inovatif dan agresif bila dibandingkan dengan strategi Garuda. Apabila Garuda tidak menyusun strategi pemasaran yang tepat, maka diperkirakan untuk niasa datang pangsa pasar Garuda pada rute ini akan semakin menurun.
Karya akhir ini mengambil topik tentang peramusan strategi pemasaran PT. Garuda Indonesia untuk rute Jakarta - Denpasar. Langkah-Iangkah dalam menentukan usulan strategi tersebut adalah berupa analisa karakteristik rutc Jakarta - Denpasar, analisa lingkungan eksternal dan internal, analisa posisi strategik rute Jakarta - Denpasar, penentuan strategi utama, penentuan target pasar, dan perumusan strategi bauran pemasaran.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka sasaran strategi yang disarankan untuk rute ini adalah mempertahankan pangsa pasar dan posisi sebagai pemimpin pasar. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka terdapat beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:
• mcningkatkan kualitas produk
• meningkatkan difcrensiasi produk
• meningkatkan usaha promosi
• menentukan harga yang bcrsaing
Strategi pemasaran yang dilakukan adalah strategi pemasaran total, yaitu Garuda melayani semua segmen pasar yang ada, baik penumpang dengan tujuan bisnis, penumpang dengan tujuan wisatawan, maupun penumpang dengan tujuan pribadi.
Strategi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam strategi bauran pemasaran, yang meliputi strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi.

PERKEMBANGAN GARUDA INDONESIA
Garuda Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara Republik Indonesia. Garuda Indonesia berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta, Indonesia. Selain berpusat di Jakarta, Garuda Indonesia juga memiliki kantor perwakilan yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia dan juga kota – kota di luar negeri.
Garuda bukan hanya sebuah perusahaan penerbangan kecil tetapi merupakan sebuah perusahaan yang besar dan juga memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis atau usaha pendukung bisnis penerbangan seperti PT. GMF Aero Asia (merupakan pusat pelayanan perawatan pesawat terbang), PT. Aerowisata (perusahaan yang bergerak dibidang jasa perhotelan, travel, dan catering) PT. Abacus (merupakan perusahaan penyedia layanan sistem reservasi untuk penerbangan) dan PT. Gapura Angkasa (penyedia layanan ground handling dalam bisnis penerbangan).
Armada Garuda Indonesia yang pertama untuk melayani jaringan penerbangan di dalam negeri terdiri dari 20 pesawat DC-3/C-47 dan 8 pesawat jenis PBY – Catalina Amphibi. Untuk melebarkan sayapnya, Garuda kemudian mengadakan pembaruan armadanya yang tiba antara bulan Oktober 1950 dan Februari 1958 sehingga menjadi : DC 3/C-47 20 pesawat, Convair liner –240 8 pesawat, Convair liner- 340 8 pesawat, Convair liner – 440 8 pesawat, De Haviland Heron 14 pesawat.
Jaringan penerbangan Garuda Indonesia kemudian diperluas meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia kecuali Irian Jaya sedangkan ke luar negeri menjangkau kota – kota Singapura, Bangkok, dan Manila. Disebabkan alasan teknis maka seluruh pesawat De Haviland Heron di hapus dari kekuatan armada Garuda. Selanjutnya antara tahun 1960 dan 1966 Garuda Indonesia mendapatkan tambahan armadanya lagi berupa pesawat – pesawat bermesin jet seperti : Convair liner 990 A 3 pesawat, Lockheed Electra L188C 3 pesawat, Douglas DC-8-55 1 pesawat.
Garuda semakin berkembang dan seluruh pesawatnya kemudian terdiri dari pesawat bermesin jet. Kekuatan armadanya berturut – turut ditambah dengan tipe – tipe pesawat seperti; Douglas DC-10, Boeing B-747, Airbus A-300, dan A-330.
Kegiatan Garuda lainnya adalah mengangkut ribuan jemaah haji setiap tahunnya. Selain itu Garuda Indonesia juga merupakan sarana angkutan bagi kunjungan resmi Kepala Negara ke berbagai negara.
Sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa nasional, Garuda Indonesia berjuang sekuat tenaga dalam menegakkan citra bangsa dan negara melalui pelayanannya. Kini jaringan penerbangan Garuda Indonesia telah menjangkau seluruh wilayah Republik Indonesia, sedangkan keluar negeri meliputi kota – kota di benua Asia, Australia dan Eropa.

Honda Scoopy

Honda Scoopy Skutik Retro Gaul Harga 13,5 Jutaan. PT Astra Honda Motor(AHM) terlihat semakin mengejar pasar anak muda dengan meluncurkan Honda Scoopy skuter matic indonesia dengan tampilan klasik atau retro yang memang cukup di minati oleh anak muda di indonesia. Menurut info yang di dapat mulai hari kamis kemarin pihak AHM telah memberitahukan bahwa para pelanggan setia pabrikan otomotif terbesar di dunia ini telah bisa memesan skutik retro tersebut dengan harga sekitar Rp13,5 juta (on the road Jakarta).

Menurut Yusuke Hori, sebagai Presiden Direktur PT AHM, saat peluncuran Honda Scoopy, Kamis kemarin Honda Scoopy ini masih dilengkapi dengan karburator tidak seperti kakak kelas nya terdahulu yang mengusung teknologi injeksi, hal ini dilakukan guna lebih ompetitif bagi konsumen di Indonesia. “Agar harga Scoopy kompetitif bagi konsumen di Indonesia, maka motor skutik itu masih menggunakan karburator. Disamping Indonesia juga masih menggunakan standar Euro 2,” ungkap beliau.

Jika kita lihat motor matik lansiran honda bernama scoopy dengan style retro ini memang cukup unik, disamping itu di tenagai dengan mesin 110 CC, sudah pasti ini adalah daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh scoopy, dan yang pastinya ini belum dimiliki oleh pabrikan lain. Karena hal itu lah PT. AHM dengan yakin nya akan dapat menciptakan pasar skutik baru tersendiri.

Johannes Loman yang menjabat sebagai Vice Executive President Direktor PT AHM menambahkan tentang kehadiran skutik baru Honda Scoopy ini, “Skutik terbaru yang berpenampilan unik ini, akan memperkuat posisi Honda sebagai pabrikan sepeda motor dengan varian terlengkap,” selain itu ia juga meyakini “Skutik baru ini membidik segmen usia muda 17 – 25 tahun.”

Sekilas kalau kita melihat kata Retro yang di usung oleh Scoopy ini maka kita akan ingat dengan salah satu motor 2 tak tua dari piagio yang berbentuk serba bulat, nah hal tersebut juga terdapat pada honda scoopy desain nya serba bulat mulai dari Bodyline nya, desain lampu depan, lampu sen yang tidak menyatu dengan stang, serta kaca spion kembarnya, yang juga bulat menjadi ciri pembeda dari Scoopy.

Bagi yang tertarik dengan skuter matik lansiran honda terbaru ini di banderol dengan harga 13,5 Jutaan on the road untuk daerah Jakarta dan di sediakan dengan beberapa warna yang funky seperti Classic White, Retro Pink, serta Vintage Violet.

Direktur Pemasaran PT AHM, Julius Aslan menambahkan dalam hal teknologi keamanan dari Honda Scoopy Retro ini, menurut nya Scoopy telah dilengkapi dengan kunci pengaman bermagnet otomatis. Selain itu juga Tuas kunci rem, standar samping otomatis, serta choke otomatis menambah keamanan dari motor matic bergaya klasik ini.

Bagaimana dengan aksesoris dari Scoopy? Eits tenang saja, Aslan telah menyatakan honda menyediakan berbagai aksesoris untuk para peminat skuter matik tersebut, ”Sebagai pelengkap Scoopy, juga disediakan berbagai aksesoris bagi para pecinta skuter ini. Sehingga, akan memaksimalkan aksi berkendara dengan Honda Scoopy,” ungkap beliau. Kalau tidak salah menurut info yang beredar aksesoris untuk honda scoopy ini bisa anda dapati dengan hanya merogoh kocek anda sebesar 300 ribuan saja.

Dengan beberapa kelebihan dari Scoopy Aslan yakin dengan target penjualan, beliau memperkirakan Skutik dengan model terbaru itu bisa dijual 10 ribu unit per bulan, “Saya yakin, akan terjual dengan baik, dan memiliki segmen tersendiri, karena penampilannya yang beda dengan skutik lain” ungkap beliau dengan tegas.

Nah bagi pelanggan setia Honda tidak ada salahnya deh untuk melihat langsung motor gaya retro gaul ini yang bernama Honda Scoopy, kalau suka dengan model tersebut langsung pesan di dealer terdekat dengan harga Rp. 13,5 juta saja. Oke deh cukup sekian aja yow gan review Honda Scoopy Skuter Matic Retro dari saya, untuk lebih lanjutnya mending langsung aja melihat di dealer-dealer terdekat.